Pengertian Internet Satelit

Internet satelit adalah salah satu jenis internet tanpa melalui kabel atau jaringan nirkabel yang secara langsung menggunakan satelit sebagai media transmisi. Internet satelit memiliki peran yang sangat penting dalam dunia bisnis dan telekomunikasi di Indonesia. Sedangkan Very Aperture Terminal Kecil atau yang biasa dikenal dengan VSAT adalah terminal satelit dengan antena berdiameter kecil yang terhubung ke hub dalam topologi jaringan dan dapat berkomunikasi antar terminal. Secara umum, VSAT ditempatkan langsung di sisi pengguna dengan diameter yang digunakan umumnya berkisar antara 0,6 hingga 3,8 m. VSAT digunakan untuk komunikasi data, suara, dan video. Elemen terpenting yang harus ada dalam jaringan satelit VSAT adalah stasiun hub yang merupakan pengontrol utama atau disebut stasiun jarak jauh dan transponder satelit. Kunjungi https://www.mangoesky.com/home untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Beberapa manfaat jika Anda menggunakan teknologi VSAT dibandingkan dengan sistem konvensional yang praktis dan mudah dipasang dan dipelihara, dan mampu menjangkau area yang tidak dapat dimasuki oleh jaringan terestrial. Mampu menangani komunikasi digital dengan bit rate hingga 56 Kbps. Mampu memberikan hubungan komunikasi broadband point-to-multipoint, mampu menangani perubahan kebutuhan kapasitas yang fleksibel, sesuai dengan tingkat perkembangannya. Mampu mengintegrasikan sejumlah terminal VSAT ke dalam satu jaringan melalui stasiun hub dan mengembangkannya ke dalam sistem yang besar. Stasiun hub berfungsi untuk mengontrol semua kinerja jaringan sementara kekurangan dari internet satelit VSAT mungkin dalam hal biaya yang diperlukan jauh lebih besar daripada internet yang menggunakan media transmisi seperti radio serat optik nirkabel.

Teknologi VSAT saat ini sangat cocok untuk pengguna yang membutuhkan komunikasi dan jaringan independen yang menghubungkan sejumlah tempat yang terpisah secara geografis karena jaringan VSAT adalah layanan tambahan dari penyedia layanan satelit untuk mendukung data internet, LAN, suara dan faks, dan aplikasi VOIP. Bahkan VSAT sesuai dengan kebutuhan jaringan komunikasi publik dan pribadi. Secara umum, apa yang perlu diketahui adalah bahwa VSAT bekerja pada frekuensi Ku-Band, Ka-Band, dan C-Band. Ku-Band dan Ka-Band banyak digunakan di Eropa dan di Amerika Utara menggunakan antena VSAT kecil.

This entry was posted in General and tagged , , . Bookmark the permalink.